Fitri W. Sari - Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Religi Karya Ainur Rofik Lil Firdaus


Tugas Akhir/Skripsi Sastra Indonesia
Disusun oleh: Fitri W. Sari
Universitas Airlangga
Program Studi Sastra Indonesia
Fakultas Ilmu Budaya

Intisari:

Penelitian yang berjudul Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada lirik Lagu Religi Karya Ainur Rafik Lil Fierdaus (Opick) bertujuan mendeskripsikan beberapa diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa dalam lirik lagu religi karya Opick, selain itu penelitian ini membahas bagaimana nilai-nilai keagamaan yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada album pertama yang berjudul Astagfirullah terdiri dari 10 lagu, album kedua berjudul Semesta Bertasbih terdiri dari 10 lagu, dan album ketiga berjudul Ya Rahman terdiri dari 12 lagu.

Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif atau menggambarkan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu religi karya Opick, serta memaparkan nilai-nilai keagamaan yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Dalam metode ini peneliti menyimak data kebahasaan dengan cara mendengarkan lagu religi karya Opick. Kemudian lagu yang didengarkan ditranskripkan sehingga menjadi bentuk teks dan dapat dijadikan data untuk penelitian. Langkah selanjutnya yakni menganalisis data, data yang telah didapatkan kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori yang dipaparkan pada BAB I.

Hasil penelitian dengan judul Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Religi Ainur Rofik Lil Firdaus (Opick) menunjukan terdapat pemakaian diksi dan gaya bahasa. Penggunaan diksi meliputi, pemakaian bahasa Arab, pemakaian bahasa Jawa, pemakaian serapan bahasa Arab, penggunaan idiom dan kata majemuk. Dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu tersebut antara lain, gaya bahasa perumpamaan atau simile, gaya bahasa metafora, gaya bahasa personifikasi, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa sinekdok, gaya bahasa eponim, dan gaya bahasa repetisi. Dalam lirik lagu religi karya Opick nilai-nilai keagamaan dikategorikan sebagai berikut: nilai taubat, rasa syukur, hidayah, dan cinta rasul.

No comments:

Post a Comment