Mega Ellenia S - Bahasa Prokem Polisi di Surabaya: Suatu Tinjauan Sosiolinguistik


Tugas Akhir/Skripsi Sastra Indonesia
Disusun oleh: Mega Ellenia S
Universitas Airlangga
Program Studi Sastra Indonesia
Fakultas Ilmu Budaya

Intisari:

Penelitian yang berjudul Bahasa Prokem Polisi di Surabaya: Suatu Kajian Sosiolinguistik ini, berusaha mengungkapkan bentuk-bentuk bahasa prokem yang digunakan oleh polisi yang bertugas di Surabaya, proses pembentukannya, apakah makna dan fungsi bahasa prokem tersebut serta faktor-faktor apa yang mempengaruhi penggunaan bahasa prokem polisi di Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Pendeskripsian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan penggunaan bahasa prokem polisi di Surabaya. Metode deskriptif kualitatif semata-mata hanya berdasarkan fakta atau fenomena yang secara empiris hidup pada penuturnya, sehingga yang dihasilkan paparan apa adanya. Pendekatan kualitatif berupa data tertulis yang melibatkan data lisan di masyarakat bahasa atau yang disebut informan atau penutur asli bahasa yang diteliti.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini ialah mengetahui pola pembentukan, pemaknaan, faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa prokem polisi di Surabaya serta fungsi dari penggunaannya. Bahasa prokem polisi di Surabaya ini terbentuk dari pola atau kaidah antara lain; frasa, pemendekan kata atau akronim dan reduplikasi. Pola pemaknaan dari bahasa prokem polisi di Surabaya dilakukan dengan cara asosiasi. Pola asosiasi tersebut meliputi: pola asosiasi makna berdasarkan persamaan sifat, pola asosiasi makna berdasarkan persamaan bentuk, dan pola asosiasi makna berdasarkan persamaan warna.

No comments:

Post a Comment