Strategi Direktif Guru TK Dalam Menyuruh Anak Didik Untuk Beraktivitas di Kelas Kajian Pragmatik - Megi A. Winanti


Tugas Akhir/Skripsi Sastra Indonesia
Disusun oleh: Megi A. Winanti
Universitas Airlangga
Program Studi Sastra Indonesia
Fakultas Ilmu Budaya

Intisari:

Penelitian yang berjudul “Strategi Direktif Guru TK dalam Menyuruh Anak Didik untuk Beraktivitas Di Kelas” Kajian Pragmatik bertujuan untuk (1) mengetahui strategi direktif guru TK, (2) mengetahui hal-hal yang mempengaruhi guru TK dalam memakai strategi direktif tersebut, dan (3) mengetahui tindakan murid setelah ada perintah dari guru yang memakai strategi direktif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah, pertama kita mengetahui macam-macam strategi direktif yang dipakai oleh guru TK dalam menggerakkan anak didiknya, antara lain strategi direktif langsung, yaitu dengan perintah biasa dan perintah larangan dan strategi direktif tidak langsung, antara lain dengan permintaan, ajakan, kalimat berita, sindiran, pertanyaan, mengancam, rayuan/sanjungan, dan syarat. Kedua, guru TK dalam memakai strategi direktif dipengaruhi oleh sikap murid di kelas, sikap murid terhadap perintah guru, dan tujuan yang ingin dicapai oleh guru berkaitan dengan pelajaran saat itu. Ketiga, tindakan murid setelah ada perintah guru dengan strategi direktifnya bermacam-macam, ada yang langsung dipenuhi karena sudah mengerti maksud guru dan ada yang tidak langsung dipenuhi karena belum jelas perintahnya dan ada yang memang murid tidak ingin mematuhi perintah guru.

No comments:

Post a Comment

Books

Pokok Dan Tokoh Dalam Kesusasteraan Indonesia Baru Dengan Sebuah Sumbangan Dari Dr. R. Roolvink; I Kesusteraan Sebelum 1942

Bahasa Bugis Soppeng: Valensi Morfologi dasar Kata Kerja

BAHASA INDONESIA DAN BAHASA DAERAH (SERI POPULER)

Baoesastra Djawi-Indonesia (Indonesia)

Basa Djawi I (Indonesia: Basa Djawi)

KESUSASTERAAN BARU INDONESIA (DARI ABDULLAH BIN ABDULKADIR MUNSJI SAMPAI KEPADA CHAIRIL ANWAR)

TATABAHASA BARU - BAHASA INDONESIA (DJILID I - TJETAKAN KEDUAPULUHDELAPAN)

Ensiklopedi Sastrawan Indonesia

HIKAYAT PANDAWA LIMA - DI-USAHAKAN OLEH (SARJANA I, JURUSAN SASTERA INDONESIA, FAKULTAS SASTERA, UNIVERSITAS, INDONESIA.)

SARWACASTRA - KITAB PELADJARAN DAN LATIHAN - BAHASA DJAWAKUNA -- DJILID I AND DJILID II (INDONESIA, INDONESIAN, 2 VOLUME SET)

kaidah bahasa indonesia (I)

Kamus Dialek Jawa Banten - Indonesia

Kamus Jawa Kuna (Kawi) Indonesia

Kesusasteraan Indonesia dimasa Djepang (INDONESIA)

Kesusasteraan Lama Indonesia

Mentjari Sendi Baru Tata Bahasa Indonesia

Peladjaran Sastera Indonesia. Tjetakan Ke-5.

Peranan Bahasa Dan Sastra Indonesia/Melayu Dalam Pembinaan Masyarakat Madani

Pengantar Ilmu Sastra [Inleiding in de literatuurwetenschap]

POKOK DAN TOKOH DALAM KESUSASTRAAN INDONESIA BARU - DENGAN SEBUAH SUMBANGAN DARI DR. ROOLVINK - TJETAKAN KETIGA - 2 VOLUME SET (VOLUME I, KESUSASTRAAN SEBELUM 1942, VOLUME II, KESUSASTRAAN SETELAH 1942)

Politik Bahasa Nasional. Pidato penerimaan djabatan Guru Besar dalam bahasa Indonesia pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia diutjapkan pada tanggal 16 Mei 1959 (INDONESIA)

Postkolonialisme Indonesia: Relevansi Sastra

Puisi Baru: Dikumpulkan dan Diuraikan (DJILID 1: Hingga permulaan perang dunia kedua; INDONESIA)

4 Kumpulan Sadjak : Kakawin Kawin; Malam Stanza; Njanjian Dari Djalanan; Sadjak2 Dua Belas Perak