Strategi Direktif Guru TK Dalam Menyuruh Anak Didik Untuk Beraktivitas di Kelas Kajian Pragmatik - Megi A. Winanti


Tugas Akhir/Skripsi Sastra Indonesia
Disusun oleh: Megi A. Winanti
Universitas Airlangga
Program Studi Sastra Indonesia
Fakultas Ilmu Budaya

Intisari:

Penelitian yang berjudul “Strategi Direktif Guru TK dalam Menyuruh Anak Didik untuk Beraktivitas Di Kelas” Kajian Pragmatik bertujuan untuk (1) mengetahui strategi direktif guru TK, (2) mengetahui hal-hal yang mempengaruhi guru TK dalam memakai strategi direktif tersebut, dan (3) mengetahui tindakan murid setelah ada perintah dari guru yang memakai strategi direktif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah, pertama kita mengetahui macam-macam strategi direktif yang dipakai oleh guru TK dalam menggerakkan anak didiknya, antara lain strategi direktif langsung, yaitu dengan perintah biasa dan perintah larangan dan strategi direktif tidak langsung, antara lain dengan permintaan, ajakan, kalimat berita, sindiran, pertanyaan, mengancam, rayuan/sanjungan, dan syarat. Kedua, guru TK dalam memakai strategi direktif dipengaruhi oleh sikap murid di kelas, sikap murid terhadap perintah guru, dan tujuan yang ingin dicapai oleh guru berkaitan dengan pelajaran saat itu. Ketiga, tindakan murid setelah ada perintah guru dengan strategi direktifnya bermacam-macam, ada yang langsung dipenuhi karena sudah mengerti maksud guru dan ada yang tidak langsung dipenuhi karena belum jelas perintahnya dan ada yang memang murid tidak ingin mematuhi perintah guru.

No comments:

Post a Comment